Senin, 26 Januari 2015

Persiapan Menyusun SKRIPSI

Haloooo Minna :)

Sudah 3.5 tahun berlalu aq menjejaki dunia perkuliahan. Dan sebentar lagi akan menyusun skripsi demi kelulusan aku di STMIK Budidarma ini. Skripsi merupakan tugas no.1 yang harus dipenuhi demi kelulusan untk meraih sarjana. Hmmm, Berat rasanya meninggalkan dunia perkuliahan yang rasanya begitu asiik buatku ~~ Subarashī. Terasa begitu cepat waktu berlalu. Minna, i will miss u

Nah, ada beberapa temen aku yang mengalami kendala saat mengambil keputusan untuk membuat judul skripsi apa yang cocok dengan kemampuan mereka. Ada kadang sampai beberapa mahasiswa yang merasa putus asa karena sudah beberapa kali mengajukan proposal ke PRODI tapi proposal tersebut ditolak. 

Ada beberapa hal yang harus diflashback dulu kepada mahasiswa uang bingung dalam Persiapan Menyusun SKRIPSI, diantaranya :
1.  Sebaiknya sejak awal seorang mahasiswa harus menyadari bahwa ia  akan menulis skripsi diakhir kuliahnya guna memperoleh gelar sarjana. Dengan demikian, ada kesadaran pribadi dan usaha yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bertanya kepada dosen,  mahasiswa tingkat akhir dan juga dengan
     mengunjungi dan membaca skripsi-skripsi di perpustakaan. Tuhhhh ....

2. Dalam mengikuti setiap mata kuliah, mahasiswa jangan hanya menjadi pendengar, tetapi harus bisa langsung membandingkan materi perkuliahan tersebut dengan kondisi riil. Isi materi perkuliahan merupakan konsep dan teori yang diberikan kepada mahasiswa. Pada tahap ini tugas mahasiswa adalah melakukan analisa terhadap kondisi di lapangan. Hal bisa menjadi wacana diskusi dengan dosen pengampu. Ketika diskusi ini menarik, dan memungkin dia angkat sebagai suatu judul penelitian, maka lebih baik mahasiswa menuliskan ide atau pemikiran itu pada kertas. Kata orang bijak “kertas buram lebih berharga dari daya ingat”. Tujuannya adalah supaya apa yang didiskusikan itu dapat ditindaklanjuti untuk menulis sebuah proposal penelitian.

3. Perlu diingat bahwa setiap mata kuliah kaya dengan konsep dan teori. Artinya, bahwa setiap mata kuliah sangat-sangat berpotensi untuk memberikan judul penelitian kepada mahasiswa. Tugas mahasiswa adalah mengikuti dan mempelajari konsep dan teori dari setiap mata kuliah dengan baik. Contohnya, penelitian di STAKPN, STT dan Universitas Kristen tidak harus berbicara judul-judul penelitian pasaran seperti peranan PAK dalam keluarga, penting PAK Remaja terhadap pertumbuhan iman, Exegesis Alkitab, dan lain sebagainya.Sekali lagi saya mau katakan bahwa mata kuliah yang ada dalam setiap program studi sangat-sangat berpontesi untuk memuncul ide-ide sebagai cikal-bakal sebuah judul penelitian.

And many more... you can see, here

Intinya, Jangan takut untuk mengeluarkan beberapa ide fantastis yang terkadang tiba-tiba muncul dipikiran kalian sobat. Persiapan Menyusun SKRIPSI ini simple. Cuma Percaya ma diri sendiri, serta jangan terlalu berharap kepada orang lain. Jika iya, bakal merugikan diri kamu sendiri sihh. percuma dong orang tua kamu udah nguliahin kamu sejauh ini, tooh kamunya malah berharap ma orang lain. Bukannya tambah menjadi beban buat mereka. Yeesssss, that's right.

Perbanyak doa, serahkan semua uneg-uneg kalian sama Yang Maha Pencipta. Insya Allah, Ia akan membantu umatnya yang sedang membutuhkanNya. Usaha juga kalllllllleeeeee..
OKe guys, Selamat Menyusun SKRIPSI.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates