Senin, 07 Juli 2014

Promethee (Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation)

Promethee adalah salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam MCDM ( Multi Criterion Decision Making). Dugaan dari dominasi kriteria yang digunakan dalam promethee adalah penggunaan nilai dalam hubungan outranking. Penggunaan promethee adalah menentukan dan menghasilkan keputusan dari beberapa alternatif. masalah pokoknya adalah kesederhanaan, kejelasan dan kestabilan. Promethee berfungsi untuk mengolah data, baik data kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Dimana semua data digabung menjadi satu dengan bobot penilaian yang telah diperoleh melalui penilaian atau survey.

Langkah-langkah perhitungan dengan metode promethee adalah sebagai berikut  :
1. Penentuan alternatif-alternatif nilai dari data
2. Menentukan tipe fungsi preferensi dan nilai preferensi
3. Perhitungan indeks preferensi

4. Perhitungan arah preferensi dipertimbangkan berdasarkan nilai indeks leaving flow, enterflow dan net flow

DominasiKriteria
Penyampaian intensitas (P) dari preferensi alternatif a terhadap alternatif bsedemikian rupa sehingga:a. P(a,b) = 0, berarti tidak ada beda (indifferent) antara a dan b, atau tidak adapreferensi dari a lebih baik dari b.b. P(a,b)
~ 0, berarti lemah preferensi dari a lebih baik dari b.c. P(a,b) ~ 1, berarti kuat preferensi dari a lebih baik dari b kuat.d. P(a,b) = 1, berarti mutlak preferensi dari a lebih baik dari b.Dalam metode ini, fungsi preferensi sering kali menghasilkan nilai fungsi yangberbeda antara dua evaluasi sehingga:P(a,b) = P( f(a) – f(b) )Untuk semua kriteria, suatu alternatif akan dipertimbangkan memiliki nilaikriteria yang lebih baik ditentukan oleh nilai f dan nilai akumulasi dari nilai inimenentukan nilai preferensi atas masing-masing alternatif yang akan dipilih.

Sumber: disini

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates